Pendaftaran Ujian Mandiri Tahun 2021


Tata Cara Pendaftaran UMAN

KETENTUAN UMUM

Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMAN-PTKIN) merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Samarinda. Peleksanaan seleksi melalui sistem tes tulis (paper based test) atau dengan pola seleksi lainnya menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang berkembang dimasa pandemi Covid-19. Seleksi dilaksanakan di kampus UINSI Samarinda atau dari rumah masing-masing menyesuaikan situasi dan kondisi yang berkembang.

PERSYARATAN (Program S1)

  1. Merupakan lulusan  dari Satuan Pendidikan MA/MAK/Pesantren Muadalah/SMA/SMK/Penyetaraan/Paket C. Bagi lulusan tahun berjalan harus memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren/Muadalah dan dilengkapi dengan pas foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap dari Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.
  2. Sehat jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di kampus UINSI Samarinda.
  3. Foto digital formal dengan latar merah ukuran 500 Kb.
  4. Mempersiapkan dokumen digital lain yang diperlukan seperti (scan ijazah, trankrip nilai, ktp, kartu keluarga, dll) dengan ukuran mak. 500 Kb.
  5. Lulus seleksi.

PERSYARATAN (Program S2)

  1. Merupakan lulusan  dari Satuan Pendidikan Program Sarjana, yang dibuktikan dengan kepemilikan Ijazah dan Transkrip Nilai.
  2. Foto digital formal dengan latar merah dengan ukuran mak. 500 Kb
  3. Mempersiapkan dokumen digital lain yang diperlukan seperti (scan ijazah, trankrip nilai, ktp, kartu keluarga, dll) dengan ukuran mak. 500 Kb.
  4. Lulus seleksi.
  5. Sehat jasmani dan rohani.

PERSYARATAN (Program S3)

  1. Merupakan lulusan  dari Satuan Pendidikan Program Magister, yang dibuktikan dengan kepemilikan Ijazah dan Transkrip Nilai.
  2. Mendapatkan Rekomendasi dari min 2 orang.
  3. Memiliki Proposal Penelitian Disertasi.
  4. Daftar Karya Tulis Ilmiah yang dipublikasikan (Jika ada).
  5. Sertifikat Penghargaan atau Prestasi lain (Jika ada).
  6. Foto digital formal dengan latar merah dengan ukuran mak. 500 Kb.
  7. Mempersiapkan dokumen digital lain yang diperlukan seperti (scan ijazah, trankrip nilai, ktp, kartu keluarga, dll) dengan ukuran mak. 500 Kb.
  8. Lulus seleksi.
  9. Sehat jasmani dan rohani.

 

PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. MEMBUAT AKUN melalui laman https://uman.iain-samarinda.ac.id , mencetak SIP (Slip Instruksi Pembyaran) yang didalamnya terdapat informasi ID Pendaftaran dan PIN.
  2. Membayar biaya pendaftaran melalui Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan menunjukkan print out SIP (poin 1) dan menuliskan pada form setoran di kolom keterangan dengan Pendaftaran UMAN UINSI Samarinda. Biaya pendaftaran yang telah di setor tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun!!!.
  3. Melakukan pendaftaran dan melengkapi data yang diperlukan melalui laman https://uman.iain-samarinda.ac.id menggunakan ID Pendaftaran dan PIN yang tertera pada slip pembayaran bank.
  4. Melakukan finalisasi (proses pendaftaran dinyatakan berhasil jika Anda sudah melakukan Finalisasi melalui sistem). Ingat !!! Cermati dan periksa kembali seluruh data yang sudah di input sebab setelah Finalisasi Program Studi yang telah dipilih tidak dapat diubah kembali dengan alasan apapun).
  5. Cetak kartu peserta sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
  6. Mengikuti seleksi sesuai jadwal dan pola ujian yang telah ditetapkan.

TATA CARA PEMBAYARAN

Biaya Pendaftaran*

Jenjang Pendidikan

Tarif Pendaftaran

Program Sarjana (S1)

Rp. 250.000

Program Pasca Sarjana (S2)

Rp. 375.000

Program Pasca Sarjana (S3)

Rp. 750.000

*Pembayaran hanya bisa dilakukan setelah proses Pembuatan Akun

*Biaya Tambahan diluar Tarif Pendaftaran sepenuhnya dari kebijakan Perbankan


Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Ujian Mandiri UINSI Samarinda
Copyright © by. TIPD, 2015-2021 | Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda